Tips Diet Anti Gagal yang Wajib Banget Kamu Coba

tips diet anti gagal

Jatimhariini.com – Banyak orang mengalami obesitas dan ingin mulai menjalankan diet untuk menurunkan berat badannya. Hanya saja, banyak orang juga yang gagal dengan pola diet yang dijalankan. Lantas, adakah tips diet anti gagal yang bisa dicoba?

Buat kalian yang diet dan merasa pernah gagal dengan diet yang dilakukan, ada beberapa tips diet anti gagal yang bisa dicoba dan pada kesempatan kali ini akan kami bagikan informasi lengkap dan menariknya. Let’s check these out!

Tips Diet Anti Gagal yang Wajib Dicoba

1. Tentukan target diet yang jelas

Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai tips diet anti gagal adalah menentukan target diet yang jelas. Jangan terlalu tinggi juga target dietnya di awal karena takut akan membuat kita jadi malas mencapai target tersebut.

Pastikan menetapkan target diet yang ideal dan realistis. Misal, menjalankan program diet untuk turun 2 kg atau 3 kg terlebih dahulu alih – alih menjalankan program diet dengan target langsung 10 kg atau lebih. Tulis target diet kamu di selembar kertas dan baca setiap hari untuk membuat kamu sadar dengan tujuan tersebut dan tidak sampai melupakannya.

2. Pastikan ada protein setiap kali makan

Seorang konsultan nutrisi dari Naperville, Illinois, Christine M Palumbo, mengatakan bahwa protein menjadi aspek penting yang perlu dipenuhi orang yang sedang diet untuk membantu mengurangi berat badan yang berlebih di tubuh.

Protein menjadi penting dipenuhi karena termasuk salah satu nutrisi yang mendukung proses perlambatan hormon lapar sehingga dengan mengonsumsi protein, kalian tidak akan merasa cepat lapar.

3. Kurangi makan terlalu banyak nasi

Nasi merupakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Ketika diet dan ingin menjalankan tips diet anti gagal maka PR yang perlu diperhatikan adalah mengurangi konsumsi terlalu banyak nasi.

Sebagai langkah awal, mulai ganti nasi putih yang biasa dikonsumsi dengan nasi shirataki, nasi merah, atau kalau ingin cari yang lebih murah bisa diganti dulu dengan nasi jagung yang takaran nasi putihnya jauh lebih sedikit dibandingkan beras jagungnya.

4. Pastikan tubuh selalu terhidrasi

Ketika diet, pastikan tubuh terhidrasi dengan mengonsumsi air putih secara rutin dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh. Selain mengonsumsi dengan jumlah minimal yang dianjurkan, konsumsi air putih sebelum makan dan sesudah makan.

Hal ini akan sangat membantu kamu dalam proses penurunan berat badan. Sebuah penelitian terhadap sampel orang yang sedang diet juga menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi air putih setidaknya 2 gelas sebelum makan dapat membantu merasa cepat kenyang.

Menurut Megan Casper RDN, CEO Nourished Bite, disebutkan juga bahwa orang yang mengonsumsi dua gelas air putih sebelum makan akan mengalami penurunan berat badan yang jauh lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi air putih sebelum makan.

Selain itu, untuk mengunci kebutuhan air tubuh, pastikan mengakhiri makan dengan mengonsumsi air putih kembali. Perut kamu akan merasa kenyang lebih lama dan bisa lebih sedikit makan.

Tak hanya bagus untuk diet, mengonsumsi air putih juga sangat bagus untuk kecantikan. Baca : 9 Tips Merawat Kulit Wanita Agar Sehat, Kenyal, dan Lembut Setiap Hari

5. Penuhi asupan buah dan sayur

Yaps, buah dan sayur adalah dua bahan yang sangat penting dikonsumsi bagi kalian yang sedang diet. Buah dan sayur akan mencukupi kebutuhan nutrisi yang memang diperlukan oleh tubuh.

Buah juga merupakan bahan makanan yang lebih rendah kalori sehingga jika mengonsumsinya tidak akan membuat tubuh mendapat asupan kalori jauh lebih besar atau lebih banyak. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung serat dan antioksidan yang dapat membuat diet semakin maksimal.

6. Jangan lupa olahraga

Yaps, olahraga juga menjadi bagian penting yang tak boleh dilupakan untuk kalian yang sedang diet. Olahraga nggak harus terlalu lama dan nggak harus ke tempat gym yang proper. Olahraga bisa dimulai dalam kurun waktu singkat dan bahkan dari rumah saja.

Misalkan memulai olahraga 10 menit atau 15 menit setiap hari dengan jogging atau pilates di rumah saja. Ada banyak kok gerakan pilates yang cocok untuk mendukung kegiatan olahraga di rumah saja dan cocok dijalankan oleh kalian yang malas olahraga di luar rumah atau ibu rumah tangga yang super sibuk sekalipun.

Terkait gerakan olahraga pilates seperti apa yang bisa jadi inspirasi olahraga di rumah saja, baca : 7 Gerakan Pilates Mengecilkan Perut Untuk Pemula

Untuk memulai kebiasaan olahraga khususnya buat pemula, baca juga : 7 Tips Memulai Kebiasaan Olahraga yang Perlu Dipahami Pemula

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait tips diet anti gagal yang wajib banget dicoba. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.