6 Tips Memilih HP Gaming Berkualitas, Cek Biar Nggak Salah Pilih!

tips memilih HP gaming berkualitas

Jatimhariini.com – Bagi pecinta permainan video game, memilih HP yang nyaman dipakai untuk menunjang aktivitas bermain game sangat penting. Karena itu, memilih HP untuk gaming tidak boleh asal. Ada beberapa tips memilih HP gaming berkualitas yang bisa dilakukan supaya kamu tidak asal pilih.

Apa sajakah tips tersebut? Buat kamu para gamers yang tidak ingin salah pilih HP untuk menunjang aktivitas main game-mu, berikut tips memilih HP gaming berkualitas secara lengkap yang kamu perlu simak!

6 Tips Memilih HP Gaming Berkualitas Biar Nggak Salah Pilih

1. Perhatikan chipset yang digunakan smartphone

Tips memilih HP gaming berkualitas yang pertama adalah memperhatikan chipsetnya. Apa itu chipset?

Chipset merupakan suatu rangkaian integrated circuit atau IC yang tugasnya mengatur arus data antara CPU, GPU, GPS, ISP, memori, dan perangkat lainnya. Chipset ini penting untuk menunjang kemampuan smartphone dalam beroperasi dan melaju.

Ada beberapa rekomendasi chipset terbaik yang bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin membeli produk HP gaming kencang seperti chipset Qualcomm Snapdragon, MediaTek atau Exynos dari Samsung. Temukan juga GPU dengan kinerja tinggi supaya grafis yang dihasilkan pada perangkat gaming tersebut juga bisa diandalkan.

Beberapa jenis GPU yang biasanya mendampingi kinerja chipset terbaik untuk gaming di antaranya Adreno, PowerVR, Mali, dan Tegra. Dengan memilih HP gaming yang didukung chipset dan GPU bertenaga, kamu bisa mengoperasikan berbagai aplikasi game dengan tanpa hambatan dan mendapat output video game yang berkualitas.

2. Perhatikan RAM dan kapasitas media simpan internalnya

Dalam tips memilih HP gaming berkualitas, memperhatikan RAM dan kapasitas internal smartphone juga sangat penting. RAM dan penyimpanan internal yang besar dapat membantu memaksimalkan aktivitas bermain game.

HP juga tidak akan keberatan ketika game yang kita mainkan melakukan update untuk peningkatan fitur dan gameplay-nya karena update peningkatan pada game tentu sangat menguras RAM dan kapasitas media simpan smartphone kita.

Untuk kebutuhan gaming, ada baiknya memilih smartphone gaming dengan memori RAM setidaknya minimal 4 GB atau kalau ingin aman pilih HP dengan memori RAM 6 GB. Sementara untuk penyimpanan internal, minimal pilih HP dengan penyimpanan internal 256 GB.

Butuh rekomendasi HP gaming dengan memori RAM dan internal besar? Baca : 5 Merk HP Gaming Terbaik Dijamin Super Mantap Untuk Gamer

3. Pilih yang baterainya awet

Nggak nyaman banget pastinya kalau lagi main game tiba – tiba baterai smartphone habis dan sering banget harus nge-charge. Nah, kalau kamu nggak mau hal kurang nyaman itu terjadi ketika sedang bermain game, ada baiknya pertimbangkan untuk memilih HP gaming yang didukung daya baterai besar.

main game di HP android

Minimal, pilih HP gaming dengan daya baterai 4000 mAh. Kalau ada budget lebih, pilih HP gaming dengan dukungan daya baterai 5000 mAh atau 6000 mAh. Dengan begitu, kamu bisa berjam – jam main game tanpa terlalu sering terganggu karena harus sering ngecharge.

Jangan lupa, pertimbangkan juga HP dengan fitur fast charging dan save mode supaya ketika baterai habis, kamu tidak perlu menunggu waktu charging yang terlalu panjang atau lama.

4. Pilih HP gaming dengan ukuran layar luas dan nyaman

Guna memberikan rasa nyaman pada mata ketika bermain game, pilih HP gaming dengan layar luas, resolusi full HD dan didukung fitur fullview display.

Momen bermain game kamu akan lebih nyaman, puas, jelas, dan mata tidak kesakitan menatap layar meski berlama – lama karena dibekali dukungan fitur yang bagus dan kualitas layar serta resolusi yang besar. Selain itu, pilih smartphone gaming dengan didukung kemampuan refresh rate yang tinggi sehingga smartphone mampu memperbarui banyak gambar setiap detiknya.

5. Pilih HP dengan dukungan fitur pendinginan

Dipakai untuk main game dapat membuat HP cepat panas bahkan HP gaming sekalipun. Untuk itu perlu bagi seorang gamer mempertimbangkan tips memilih HP gaming berkualitas dengan menemukan dan memilih HP yang memang sudah didukung dengan fitur sistem pendingin atau cooling system.

Hadirnya fitur sistem pendingin atau cooling system tersebut sangat bagus untuk membantu mendinginkan suhu HP ketika suhunya sudah meningkat karena dipakai bermain game terlalu lama. Ada banyak kok tipe HP dari berbagai brand yang saat ini sudah hadir dengan dukungan fitur cooling system. Kamu tinggal pilih dan sesuaikan dengan budget saja.

6. Pilih HP sesuai budget

Yaps, tips terakhir yang perlu diperhatikan dalam memilih HP gaming berkualitas adalah memilih HP yang sesuai dengan budget. Sebagus apapun HP tersebut, secanggih apapun fiturnya, kalau kita tidak punya budget untuk membelinya tentu percuma.

Oleh sebab itu, cek dulu budget kamu berapa baru kamu bisa memilih HP dengan spesifikasi yang sekiranya sesuai dengan keperluan kamu bermain game tapi juga masih sesuai dengan budget yang kamu punya. Tenang saja, beberapa merek sudah ada yang menghadirkan produk – produk HP gaming dengan harga terjangkau sehingga gamer pemula atau gamer low budget bisa memilikinya.

Bagaimana? Sudah punya pilihan ingin beli HP gaming apa atau malah sedang mencari rekomendasi merk HP gaming terbaik untuk kebutuhan main game seru tanpa hambatan? Baca : 5 Merk HP Gaming Terbaik Dijamin Super Mantap Untuk Gamer

Demikian beberapa tips memilih HP gaming berkualitas yang kami dapat bagikan dan sampaikan kali ini. Semoga apa yang kami ulas di atas menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya untuk kamu yang sedang mencari HP khusus bermain game.