Jatimhariini.com – Ingin menurunkan berat badan dan lemak yang menumpuk di tubuh tapi gagal terus? Sudah mengatur pola makan tapi berat badan susah turun? Kalau semua itu menjadi masalah kamu saat ini, bisa jadi, kemungkinan, kamu masih mengonsumsi makanan yang harus dijauhi saat diet.

Apa sajakah makanan – makanan yang harus dijauhi saat diet? Pada artikel jatimhariini.com kali ini, kami akan bagikan daftar selengkapnya. Jadi kalau sebelumnya kamu masih suka mengonsumsinya, kamu harus mulai menjauhinya sedari sekarang. Cek daftarnya berikut yuk!

6 Makanan yang Harus Dijauhi Saat Diet

1. Makanan dan minuman manis, ganti dengan air putih dan jus tanpa gula

Aneka ragam makanan dan minuman manis mulai dari es krim, kue, permen, biskuit, minuman bersoda, teh manis, chocolate cake, aneka kue manis, semuanya wajib dihindari kalau kamu ingin berat badan stabil, menurunkan berat badan dan bahkan melakukan diet program.

Menghindari makanan dan minuman manis sangat penting karena makanan dan minuman manis mengandung gula yang tinggi baik sukrosa dan glukosa sehingga sangat berpengaruh terhadap potensi penumpukan lemak dan kenaikan berat badan tubuh.

Sebagai gantinya, ganti minuman manis dengan jus tanpa gula dan air putih atau air mineral. Kalau ingin mendapatkan cita rasa manis ketika mengonsumsi jus, ganti gula pasir dengan madu. Kamu akan dapatkan cita rasa manis yang sehat pada jus yang kamu konsumsi.

Lalu kalau sedang ingin ngemil, ganti aneka kue manis dan es krim kamu dengan mengonsumsi buah. Banyak banget kok buah yang rasanya enak seperti buah melon, semangka, apel, atau buah pir.

Baca juga : 9 Tips Diet Hemat dan Sehat Untuk Kamu yang Ingin Diet Low Budget

2. Aneka gorengan dan keripik, ganti dengan mengonsumsi buah

Makanan yang harus dijauhi saat diet selanjutnya adalah aneka gorengan dan keripik. Keduanya adalah makanan gurih yang susah banget dihindari.

Akan tetapi kalau kamu memang ingin punya badan bagus, berat badan ideal, dan tubuh yang sehat maka makanan semacam itu yang lebih banyak mengandung kolesterol dan lemak dibandingkan nutrisinya, wajib banget dihindari.

[tips diet] makanan tak boleh saat diet

Mengubah kebiasaan mengonsumsi gorengan dan keripik lalu menggantinya dengan mengonsumsi buah memang bukan hal yang mudah. Akan tetapi jika ada kemauan, kamu pasti bisa.

Kalau kamu masih kurang suka dengan cita rasa buah yang begitu – begitu saja dan ingin mengonsumsi buah yang lebih ‘bold’ di lidah, kamu bisa buat salad buah karena salad buah jauh lebih bernutrisi kalau dibandingkan dengan gorengan dan keripik. Salad buah juga bisa jadi menu makan siang atau makan malam kamu loh!

3. Seblak, aneka frozen food dan makanan kemasan, ganti dengan mengonsumsi sandwich

Seblak, sosis, dumpling keju, dan aneka makanan kemasan memang enak banget! Rasanya nagih banget dan mulut terasa kurang kalau belum mengonsumsinya.

Tapi kamu harus ingat bahwa makanan tersebut termasuk salah satu makanan yang harus dijauhi saat diet. Sebagai gantinya, kamu bisa berkreasi dengan menu sandwich di rumah. Tinggal sediakan telur atau daging, siapkan roti, siapkan sayur termasuk selada air dan tomat, berikan lada dan saus, sandwich siap disantap. Kamu bisa bakar juga sandwich kamu untuk mendapatkan cita rasa smoky di lidah.

4. Roti putih, ganti dengan roti gandum

Roti putih dengan perasa selai cokelat atau strawberry memang menjadi pilihan sarapan yang sangat praktis. Akan tetapi untuk yang sedang diet, roti putih termasuk salah satu makanan yang harus dijauhi saat diet. Mengapa?

Alasannya karena roti putih mengandung serat dan protein yang rendah sehingga lebih dapat memicu terjadinya peningkatan kadar gula darah. Dengan kandungan serat yang rendah, perut juga akan lebih cepat lapar.

Untuk itu, ganti roti putihmu dengan roti gandum yang lebih kaya kandungan serat dan mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Dietmu akan lebih aman dengan mengganti roti putih dengan roti gandum. Roti gandum juga menjadi pilihan tepat untuk membuat sandwich sehat yang mengenyangkan.

5. Nasi putih, ganti dengan nasi merah atau shirataki

Sama dengan roti putih, nasi putih lebih banyak mengandung glukosa yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah dan pastinya berat badan.
Oleh sebab itu, mulai cobalah untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi shirataki. Apa itu nasi shirataki?

Nasi shirataki merupakan beras yang terbuat dari umbi sayur sehingga lebih sehat. Di Jepang, nasi shirataki sangat terkenal sebagai pengganti nasi putih. Bahkan, nasi shirataki menjadi salah satu jenis makanan wajib bagi perempuan Jepang agar badan tetap langsing meski makan nasi.

Hanya saja memang nasi shirataki harganya cukup mahal. Jika memang tidak memungkinkan membeli nasi shirataki, kamu bisa menyiasati pengonsumsian nasi putih ketika diet dengan nasi jagung yang terbuat dari campuran beras putih dan beras jagung.

6. Mie instan, ganti dengan mie shirataki

Sama dengan nasi shirataki, mie shirataki juga terbuat dari umbi sayur. Mie shirataki lebih sehat dan aman dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet. Nutrisinya jauh lebih banyak dan lebih mengenyangkan dibandingkan mie instan.

Tapi kalau merasa mie shirataki terlalu mahal, lebih baik hindari mie instan ketika sedang diet. Ganti dengan mengonsumsi makanan lain yang minim pemrosesan dan lebih sehat seperti buah – buahan atau sayur – sayuran. Jus sayur juga sangat bagus untuk diet dan kulitmu.

Mengenai cara menjaga kesehatan kulit, baca juga : Cara Merawat Kulit di Musim Hujan Agar Tidak Kering, Kusam, dan Sehat

Bagaimana Kalau Susah Menjauhinya Di Awal Diet?

Kalau kamu merasa kesulitan menjauhi makanan di atas saat diet atau di awal diet, cara yang bisa dilakukan adalah ‘mengurangi intensitas konsumsinya’ sedikit demi sedikit.

Yaps, kalau sudah suka banget dan bahkan cinta banget dengan suatu makanan, pasti sulit menjauhi makanan – makanan yang harus dijauhi saat diet secara tiba – tiba. Karena itu, cara simpel dan ‘cukup mudah’ asal ada kemauan yang bisa dicoba adalah dengan mengurangi intensitas mengonsumsinya.

Kalau biasanya kamu mengonsumsi makanan yang harus dijauhi saat diet setiap hari, kamu bisa mengonsumsinya 3 hari sekali. Lanjut, konsumsi sekali dalam seminggu dan lama kelamaan kamu bisa menjauhinya.

Jadi, selamat mencoba tips diet kali ini. Semoga sukses dengan dietnya dan terima kasih sudah membaca informasi yang kami bagikan kali ini terkait apa saja makanan yang harus dijauhi saat diet. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.