Jatimhariini.com – Sebelum membahas tentang kapan perlu pakai retinol, terlebih dahulu kita perlu mengenal retinol itu sendiri apa sih?

Jadi, retinol adalah suatu produk perawatan kecantikan yang merupakan turunan dari vitamin A dengan konsentrasi yang bervariasi dari tinggi sampai rendah. Produk ini sangat dianjurkan dipakai untuk mengatasi bekas jerawat sampai dengan tanda – tanda penuaan kulit.

Karena efek sampingnya besar, untuk itu, pada ibu hamil, retinol tidak dianjurkan dipakai kecuali sudah diperbolehkan oleh dokter pribadi (dokter kandungan) dan sekaligus dokter kulit. Lantas selain untuk ibu hamil, kapan perlu pakai retinol?

Kapan Perlu Pakai Retinol? Jawabannya,

Untuk kamu yang ingin tahu kapan perlu pakai retinol, jawabannya adalah retinol dianjurkan dipakai untuk wanita dengan usia sekitar 30-an tahun. Akan tetapi, seorang dermatologis asal New York yakni Ellen Makmur, M.D, menganjurkan bahwa retinol sudah mulai ‘disiapkan penggunaannya’ di usia 25-an tahun (usia pertengahan 20 dan 30-an).

Menurut Ellen Makmur, M.D, semakin awal retinol digunakan maka akan semakin bagus dan cepat untuk mengatasi tanda – tanda penuaan dini yang terjadi pada kulit. Akan tetapi konsentrasi dari penggunaannya juga perlu diperhatikan.

Bagi pemula, selain waktu kapan perlu pakai retinol yang perlu dipahami, konsentrasi penggunaan retinol yang dianjurkan untuk mencegah risiko iritasi pada kulit adalah pada rentang 0,1 – 0,25% saja. Dengan menggunakan retinol pada waktu yang tepat dan dengan konsentrasi yang tepat, tentu berbagai manfaat akan didapatkan kulit.

Apa sajakah manfaat retinol yang bisa didapatkan jika retinol dipakai pada waktu yang tepat dan dengan konsentrasi yang tepat juga?

Manfaat Produk Retinol Untuk Kulit

1. Menunda dan mencegah tanda – tanda penuaan dengan merangsang produksi kolagen

Semakin bertambahnya usia maka produksi kolagen semakin mengalami penurunan. Oleh sebab itu, kulit butuh bahan yang mampu membantu merangsang produksi kolagen secara lebih baik, salah satunya adalah menggunakan retinol.

Dalam fungsinya meningkatkan produksi kolagen, retinol sangat ampuh untuk memperlambat, menunda, dan mencegah timbulnya berbagai tanda penuaan pada kulit. Kekencangan kulit juga lebih terjaga dengan mengaplikasikan produk yang satu ini.

Kini, produk retinol untuk kulit juga sudah semakin bervariasi. Ada retinol khusus kulit wajah, dan bahkan ada retinol khusus kulit di area sekitar mata sehingga konsentrasi penggunaan retinol semakin sesuai kebutuhan di area kulit.

2. Membantu mengatasi masalah jerawat

Jerawat ringan sampai dengan parah bisa teratasi salah satunya dengan produk retinol. Hal tersebut lantaran bahan aktif di dalam retinol memiliki kemampuan untuk membersihkan sisa make up, keringat, tumpukan minyak, sampai dengan kotoran penyebab residu timbulnya jerawat.

Menggunakan retinol sesuai anjuran dan secara rutin dapat menjadi salah satu cara terbaik juga untuk menjaga pori – pori kulit tetap bersih serta mengontrol produksi minyak berlebih yang ada di wajah yang mana produksi minyak berlebih juga menjadi salah satu alasan timbulnya jerawat.

3. Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan salah satu aspek yang dapat menjadi penyebab warna kulit tidak merata. Hiperpigmentasi sendiri merupakan suatu kondisi kemunculan bercak berwarna gelap pada kulit yang dapat menimbulkan kesan kusam pada kulit.

Umumnya, kondisi hiperpigmentasi tersebut dipicu paparan sinar matahari yang terlalu lama atau bahkan karena efek jerawat membekas yang tak bisa pudar. Nah, kalau kamu tak ingin masalah hiperpigmentasi terjadi pada kulitmu, maka kapan perlu pakai retinol adalah saat ini juga.

Retinol dapat membantu kulit mempercepat regenerasinya, memperbaiki struktur sel kulitnya, dan menghambat produksi melanin yang dapat membantu pemerataan warna kulit. Dengan kondisi hiperpigmentasi yang teratasi, tentu kamu bisa lebih percaya diri.

4. Melembabkan dan memperbaiki tekstur kulit

Proses regenerasi kulit secara alami biasa terjadi dalam kurun waktu 3 minggu sampai 4 minggu dan semakin bertambahnya usia, proses tersebut akan semakin lama. Karena itu, kulit akan lebih mudah kering, kasar, dan mengalami berbagai masalah termasuk munculnya garis halus pada wajah.

Nah, kapan perlu pakai retinol adalah saat ini ketika kamu merasa proses regenerasi kulitmu sudah tidak sebagus dan secepat dulu lagi. Dengan memakai retinol, proses regenerasi kulit akan lebih baik sehingga kulit wajah bisa tampak lebih cerah, terawat, lebih lembab, dan pastinya lebih sehat.

Tak hanya punya banyak manfaat, retinol nyatanya juga punya efek samping. Apa sajakah efek samping dari retinol yang perlu diketahui oleh calon pengguna?

Efek Samping Retinol yang Perlu Dipahami

retinol - cara pakai retinol

Meski menawarkan beragam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit, retinol juga punya efek samping yang mana efek samping retinol tersebut penting diwaspadai.

Paling umum, salah satu efek samping penggunaan retinol yaitu kondisi kering dan iritasi pada kulit. Retinol juga berpotensi menimbulkan bercak merah dan gatal pada kulit, juga menimbulkan purging atau jerawat kecil di kulit khususnya bagi orang yang belum beradaptasi dengan retinol atau baru pertama kali menggunakannya.

Namun tenang saja, risiko dan efek samping retinol tersebut bersifat sementara karena retinol dapat membaik secara sendiri dalam beberapa hari atau minggu seiring kemampuan kulit untuk beradaptasi dengan bahan aktif di dalam retinol.

Untuk meminimalisir risiko efek samping pada penggunaan pertama kali retinol, gunakan pelembab yang tepat. Baca : Cara Memilih Pelembab Wajah Untuk Kulit Kering

Retinol juga berpotensi mengganggu tumbuh kembang janin pada ibu hamil. Oleh sebab itu, tanpa didampingi saran dokter kulit dan dokter kandungan, retinol termasuk salah satu produk yang wajib banget dijauhi oleh ibu yang sedang mengandung.

Agar manfaat retinol bisa didapatkan dan dirasakan secara maksimal, kamu perlu tahu cara pakai retinol yang tepat. Berikut tata caranya!

Cara Pakai Retinol yang Tepat

Sebelum mengaplikasikan produk retinol di wajah, pastikan dulu untuk menggunakan dan mengaplikasikan produk retinol dengan konsentrasi rendah utamanya untuk pemula supaya kulit dapat menyesuaikan diri ketika masih belum pernah pakai produk dengan kandungan ‘retinol’ tersebut.

Ada baiknya, untuk pemula agar menggunakan produk retinol dengan konsentrasi kandungan mulai 0,01% supaya kulit lebih mudah beradaptasi. Adapun untuk repetisi penggunaannya dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu khususnya di awal penggunaan untuk mencegah timbulnya iritasi pada kulit wajah.

Selain itu, perhatikan juga langkah – langkah penggunaan atau cara pakai retinol yang tepat. Berikut cara pakai retinol yang tepat untuk kamu ketahui langkah – langkahnya :

  • Bersihkan dulu wajah dengan menggunakan pembersih make up serta sabun wajah.
  • Jangan lupa pakai toner supaya wajah semakin terhidrasi dengan baik sebelum mengaplikasikan retinol di wajah.
  • Setelah pemakaian toner, pastikan kulit wajah sudah kering sebelum retinol diaplikasikan pada wajah.
  • Jika sudah kering dari pemakaian toner, baru aplikasikan retinol secukupnya lalu gunakan pelembab atau krim wajah kamu di malam hari. (Ingat, saran penggunaan retinol hanya di malam hari tidak perlu dipakai di pagi atau siang hari).
  • Keesokan harinya, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer dan tabir surya sebelum keluar rumah.Bersihkan dulu wajah dengan menggunakan pembersih make up serta sabun wajah.
  • Jangan lupa pakai toner supaya wajah semakin terhidrasi dengan baik sebelum mengaplikasikan retinol di wajah.
  • Setelah pemakaian toner, pastikan kulit wajah sudah kering sebelum retinol diaplikasikan pada wajah.
  • Jika sudah kering dari pemakaian toner, baru aplikasikan retinol secukupnya lalu gunakan pelembab atau krim wajah kamu di malam hari. (Ingat, saran penggunaan retinol hanya di malam hari tidak perlu dipakai di pagi atau siang hari).
  • Keesokan harinya, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer dan tabir surya sebelum keluar rumah.

Demikian informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait kapan perlu pakai retinol dan bagaimana cara pakai retinol yang dianjurkan. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan menginspirasi khususnya untuk pemula yang ingin tahu produk retinol dan penggunaannya.