Jatimhariini.com – Tak hanya kulit berminyak saja yang harus memilih pelembab wajah dengan hati – hati, pemilik kulit kering juga harus berhati – hati dalam memilih pelembab wajah yang sesuai dengan kulitnya. Lantas, seperti apa cara memilih pelembab wajah untuk kulit kering yang tepat?

Untuk kamu yang merupakan pemilik kulit kering dan ingin menemukan pelembab wajah yang tepat, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi beberapa tips dan cara memilihnya supaya tidak salah produk. Jadi, yuk simak informasinya sampai akhir!

Cara Memilih Pelembab Wajah Untuk Kulit Kering

1. Pilih produk dengan komposisi yang tepat

Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan ketika mencari dan memilih produk pelembab untuk kulit kering adalah komposisinya.

Ada baiknya agar pemilik kulit kering memanfaatkan pelembab dengan kandungan komposisi sebagai berikut :

  • Antoksidan : kandungan ini mampu menjaga kelembaban alami kulit dengan memperkuat penghalang kulit serta sekaligus mencegah hilangnya kelembaban yang berlebihan di kulit. Dengan menggunakan pelembab yang mengandung antioksidan, kulit akan lebih lembut dan terhidrasi.
  • Emolien : Emolien merupakan kandungan pelembab yang mampu membantu mencegah kulit dari kekurangan cairan dan sekaligus melindungi kelembabannya. Emolien bisa berupa cairan yang ditemukan pada minyak tumbuhan, asam lemak linoleat, gliserin, trigliserida, lemak alkohol, dan juga petrolatum.
  • Vitamin A, E dan C : Kandungan vitamin A, vitamin E dan vitamin C ini sangat penting untuk mendukung peningkatan kesehatan pada kulit kering.
  • Bahan alami seperti minyak zaitun, shea butter, dan jojoba oil.
  • Gliserin : kandungan yang membantu menarik air ke dalam kulit sehingga kulit kering tidak lagi kekurangan cairan dan kondisi keringnya bisa teratasi.
  • Hyaluronic acid : kandungan yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan pada kulit.
  • Lanolin : kandungan penting pada produk pelembab wajah untuk kulit kering yang dapat mengunci cairan yang sudah masuk dan menyerap ke dalam kulit.

2. Hindari komposisi yang dapat menyebabkan iritasi

kandungan produk pelembab wajah

Cara memilih pelembab wajah untuk kulit kering memang harus sangat hati – hati. Ada baiknya, hindari komposisi tertentu yang dapat memicu terjadinya iritasi seperti misalnya pelembab yang memiliki kandungan parfum, alkohol, atau benzoil peroksida di dalamnya.

Parfum dan alkohol merupakan kandungan yang dapat memicu timbulnya iritasi pada kulit, sementara benzoil peroksida merupakan kandungan yang dapat mengikat air sehingga kulit kering akan jadi lebih kering meski harus diakui benzoil peroksida dapat berkontribusi menenangkan jerawat.

3. Pilih produk yang memiliki SPF

Produk dengan kandungan SPF sangat penting untuk membantu kulit terlindungi dari paparan sinar UV. Kulit tidak hanya akan lembab akan tetapi juga sekaligus tercegah dari risiko pengelupasan kulit akibat matahari dan penuaan dini.

Baiknya, pilih kandungan pelembab yang mengandung tambahan SPF tinggi sebab semakin tinggi kandungan SPF pada suatu produk maka tingkat perlindungannya terhadap kulit dari paparan sinar UV juga akan semakin kuat.

Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya memilih produk moisturizer dengan kandungan SPF 15 di musim dingin dan pilih produk moisturizer dengan kandungan SPF 30 di musim panas.

4. Cari tahu jenis pelembab yang cocok pada kulit kering

 

Kulit kering memang cenderung sensitif. Mencari produk moisturizer yang pas dan cocok menjadi sangat dianjurkan. Bukan hanya komposisi, memahami tekstur pelembab yang cocok pada kulit kering juga sangat penting.

Bagi pemilik kulit kering, sangat dianjurkan untuk menggunakan dan memakai pelembab yang berbentuk cream atau lotion dan bukan pelembab berbentuk cair. Hal tersebut karena konsistensi moisturizer berbentuk cream atau lotion lebih bertahan lama di kulit, sehingga mampu membantu mengunci konsistensi kelembaban kulit dalam waktu lama.

5. Aplikasikan pelembab pada waktu yang tepat

Meski kulit kering butuh kelembaban ekstra, akan tetapi pemakaiannya juga tak boleh sembarangan. Hal tersebut penting supaya hasilnya pada kulit semakin maksimal.

Baiknya, gunakan pelembab untuk diaplikasikan di pagi hari, siang hari dan malam hari sebelum mengaplikasikan produk skincare lainnya. Upayakan, ketika diaplikasikan, produk tersebut diaplikasikan secara lembut untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi akibat pemakaian yang kurang tepat.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait bagaimana tips dan cara memilih pelembab wajah untuk kulit kering. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang membawa manfaat dan menginspirasi.