Jatimhariini.com – Selasa, 21 Mei2024, sekira pukul 18.23 WIB, Pegi alias Perong yang dinyatakan sebagai buron kasus pembunuhan Vina ditangkap di kediamannya, Jalan Kopo, Kota Bandung. Meski penangkapan sudah dilakukan, drama kasus pembunuhan Vina tidak sampai di sini bahkan banyak orang meyakini Pegi alias Perong adalah korban salah tangkap.

Lantas, benarkah hal tersebut? Mengapa banyak orang yang menduga kalau Pegi Setiawan yang sudah diamankan polisi tersebut adalah korban salah tangkap?

Curiga Korban Salah Tangkap, Begini Kata Ibu Pegi

Ibu Pegi mengaku sangat yakin bahwa anaknya bukan pelaku utama atau yang disebut – sebut sebagai otak pembunuhan kasus Vina.

“Pas kejadian ya Pegi-nya nggak ada di sini. Seorang ibu nanya sama anak ya, sambil saya peluk. Tadi waktu saya di Polda. Saya mau pulang juga saya itu, nak sabar, ini ujian kamu. Kamu melakukan nggak?” kata ibu Pegi.

Ibu dan kuasa hukum Pegi [Sugianti Iriani]

Ditanya seperti itu, Pegi pun menjawab, “Nggak Ma, demi Allah, demi Rasulullah, saya itu niat mencari nafkah buat adik – adik saya.

Ngapain saya melakukan begitu. Ya udah Ma, Pegi sih lagi dikasusin begini. Ini tuh setelah Mama pulang barangkali Pegi nggak ada umur. Ya udah Pegi minta maaf sama Mama sama Bapak.”

Apa yang disampaikan Ibu Pegi tersebut bahkan senada dengan apa yang sempat disampaikan warga sekitar tempat tinggal Pegi yang mengaku bahwa Pegi berada di Bandung untuk bekerja bukan baru – baru ini melainkan sudah sejak 2014 atau 2015, jauh sebelum kasus pembunuhan dan pemerkosaan Vina terjadi.

“Ya, saya tahunya dia itu (Pegi) ikut bapaknya kerja di Bandung, bahkan kayaknya sejak 2014 atau 2015 gitu.” Ungkap salah seorang warga terkait Pegi.

Menurut kesaksikan warga yang juga dikuatkan dengan kesaksian ibu serta kuasa hukum Pegi, disebutkan bahwa Pegi mulai pergi ke Bandung sejak 13 Juli 2016, sementara kasus pembunuhan Vina dan Eky terjadi pada 27 Agustus 2016. Sejak tanggal 13 Juli 2016 itu, Pegi Setiawan baru pulang kembali ke Cirebon di Desember 2016.

Kuasa hukum Pegi, Sugiyanti Iriani juga mengungkap kepada wartawan bahwa ia sangat kecewa dengan penangkapan terhadap Pegi. Dirinya juga sangat yakin anak dari asisten rumah tangga-nya tersebut tidak bersalah dan hanya korban salah tangkap.

“Sudah, sudah dilakukan penggeberekan.” Ungkap Sugiyanti Iriani, kuasa hukum Pegi yang juga merupakan bos dari ibu Pegi yang bekerja sebagai asisten rumah tangga.

“Kenapa perkara ini terhenti padahal sudah lakukan penggerebekan, sudah diberitahukan bahwa Pegi sedang bekerja di Bandung sebagai buruh bangunan, kenapa prosesnya tak dilanjutkan saja kan menangkap pegi tidak susah. Kenapa harus nunggu sampai 8 tahun begitu viral lagi beberapa hari kemudian langsung ditangkap padahal 2016 juga bisa aja,” kata Sugiyanti, Kamis, 23 Mei 2024.

“Kemudian Pegi sendiri anak dari Art saya bu Kartini. Orangnya diem tak mungkin melawan atau berani bunuh Eky yang notabene anak polisi dan anggota geng motor,” lanjut Sugiyanti.

Menurut Sugiyanti lagi, banyak kejanggalan terhadap perilisan DPO. Terlebih ciri – ciri Pegi Setiawan dengan Pegi alias Perong yang datanya dirilis pihak kepolisian memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

DPO Kasus Pembunuhan Vina & Eky Tentang Pegi Alias Perong yang Dirilis Kepolisian

Dirilis oleh kepolisian bahwa Pegi alias Perong yang menjadi buron kasus pembunuhan Vina dan Eky adalah seorang laki – laki berasal dari Desa Banjarwangunan, Cirebon, Jawa Barat, memiliki tinggi sekitar 160 cm, perawakannya kecil, berkulit hitam, dan berambut keriting.

Hanya saja memang, perilisan buron kasus pembunuhan Vina dan Eky tersebut tidak menampilkan foto terduga pelaku secara langsung. Alhasil, banyak warganet yang berusaha mencari tahu sosok Egi atau Pegi ini seperti apa lewat jejaring sosial Facebook.

Netizen pun mendapat ‘spill’ terkait sosok yang disebut Pegi atau Egi atau Perong yakni memiliki tindik besar di bagian telinga. Hal yang kemudian membuat netizen yakin bahwa polisi telah salah tangkap adalah karena Pegi Setiawan yang ditangkap pada 21 Mei 2024 lalu tidak memiliki tindik atau pun bekas tindik sama sekali di telinganya.

Lantas, apakah benar ia memang otak pelaku pembunuhan Vina dan Eky? Ataukah memang seperti dugaan netizen bahwa Pegi Setiawan hanya korban salah tangkap? Nantikan kelanjutan kasusnya.

Baca juga : Pegi Alias Perong Terduga Otak Pembunuhan Vina Ditangkap Setelah 8 Tahun Buron, Pelaku Asli?

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait update kasus pembunuhan Vina dan Eky serta update huru hara kabar Pegi Setiawan korban salah tangkap. Semoga segera menemukan titik terang.**