Jatimhariini.com – Selasa, 23 April 2024, pukul 01.00 dini hari, GM Plaza Lumajang kebakaran. Peristiwa terbakarnya salah satu mall terbesar di Lumajang tersebut belum diketahui penyebab pastinya karena apa akan tetapi titik api diduga berasal dari lantai kedua gedung mall.

Lantai kedua gedung mall tersebut merupakan pusat busana, mainan anak, dan kuliner. Dengan cepat api menyebar dan membumihanguskan seisi mall. Selanjutnya, api menjalar ke lantai pertama gedung dan bahkan merobohkan bagian belakang tembok gedung pusat perbelanjaan ini.

Ketika kebakaran terjadi, warga sekitar lokasi kejadian khawatir api menjalar semakin jauh, terlebih karena lokasi kejadian cukup dekat dengan pabrik kayu, gudang LPG, dan juga pemukiman warga.

Pengakuan Warga Sekitar Lokasi Kejadian

Hamid, salah satu warga yang rumahnya berada di belakang GM Plaza menuturkan, ia sempat mendengar robohnya tembok bagian belakang GM Plaza tersebut. Kala itu, menurut Hamid, api sudah menyebar ke lantai satu dan membumbung tinggi hingga plafon bagian atas mall pun sudah tak terlihat lagi.

“Saya tahunya itu waktu dengar tembok ambrol (roboh), apinya sudah besar itu,” Kata Hamid, Selasa, 23 April 2024.

Kebakaran GM Lumajang

Menurut Muna, pedagang makanan yang berjualan tepat di sebelah GM Plaza, ia mengatakan bahwa kemungkinan api muncul pertama kali pukul 01.00 WIB.

“Tadi saya ke toilet nggak ada apa – apa, setelah itu nggak lama langsung apinya besar, sekitar jam 1-an lah mulai terlihat.” Ungkap Muna.

Suryono, salah satu warga yang rumahnya tak jauh dari lokasi kejadian mengaku mendengar ramai – ramai warga yang mengatakan GM Plaza Lumajang kebakaran.

Ia pun mendekati lokasi kejadian dengan berjalan kaki dan memang benar GM Plaza Lumajang Kebakaran. Ia juga mengaku sempat mendengar bunyi seperti petasan ketika kebakaran tersebut terjadi.

“Ya memang cepat besar. Di bagian atas kan baju – baju itu. Sempet denger juga suara duar gitu. Nggak tahu apa, kayak LPG kebakar mungkin.” Kata Suryono, warga sekitar GM Plaza Lumajang.

Proses Pemadaman Api Berlangsung Lama

Api yang sudah membumbung tinggi cukup sulit dipadamkan. Pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 01.30 WIB. Namun proses pemadaman tidak terlalu lancar. Hal tersebut lantaran ketika pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian, api sudah mulai membesar sementara mobil damkar yang dimiliki kota Lumajang juga terbatas.

Sebagai informasi, Lumajang hanya memiliki tiga unit mobil damkar (mobil pemadam kebakaran) sehingga damkar Lumajang pun dibuat kewalahan oleh api yang semakin besar. Damkar Lumajang akhirnya meminta bantuan pada petugas damkar kota terdekat yakni Probolinggo dan Jember.

Sekira pukul 05.00 WIB mobil damkar Probolinggo akhirnya tiba di lokasi kejadian dan langsung bergegas turut serta melakukan pemadaman api. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 06.00 – 06.30 WIB.

Berita kebakaran GM Plaza Lumajang tersebut pun viral di sosial media. Banyak masyarakat Lumajang yang mengunggah status kebakaran tersebut di story WhatsApp dan Instagram.

Mereka juga menyayangkan kejadian tersebut. Pasalnya, GM Plaza Lumajang memang menjadi ‘hiburan’ terbaik bagi masyarakat Lumajang. Mereka yang dulunya kalau berbelanja, kulineran, dan main harus ke mall terdekat yang berlokasi di Jember, akhirnya bisa menikmati kegiatan belanja, kuliner, dan main di mall Lumajang. Hanya saja sekarang, mall tersebut sudah ludes dilalap si jago merah.

Sampai berita ini diterbitkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran mall terbesar, GM Plaza Lumajang tersebut. Hal tersebut karena kebakaran terjadi dini hari, ketika mall sudah berhenti beroperasi, begitu pula dengan aktivitas yang ada di mall tersebut. Sebagai informasi, mall tersebut tutup dan menghentikan operasionalnya setiap hari pada pukul 22.00 WIB.

Taksiran Kerugian Akibat Kebakaran

GM Plaza Lumajang kebakaran

Akibat kebakaran yang terjadi, kerugian ditaksir sangat besar. Bahkan nilainya diperkirakan di atas 2,5 Milyar rupiah. Bangunan lantai dua tersebut hangus, tenant – tenant di dalam mall yang disewakan untuk pengusaha UMKM di Lumajang juga ludes.

Belum lagi di dalamnya banyak sekali barang dagangan seperti baju, tas, aneka perlengkapan rumah tangga yang diperjual belikan di GM Supermarket yang berada di lantai pertama mall, sampai dengan satu unit mobil Xpander berwarna putih yang dipajang di mall juga hangus terbakar.

Kini, kebakaran masih diselidiki oleh pihak yang berwenang untuk mengetahui penyebab pastinya. Di lokasi kejadian juga sudah dipasang garis polisi sehingga masyarakat dan orang sekitar pun sudah tak boleh lagi masuk ke lokasi kejadian demi kepentingan penyelidikan.**