Jatimhariini.com – Tinggal sehari lagi, besok, 14 Februari 2024, pesta demokrasi lima tahunan telah tiba. Negara tentu saja sedang mempersiapkan banyak hal dalam agenda pemilu 14 Februari 2024 lewat seluruh pihak yang terlibat mulai dari ketua KPU pusat, aparat yang bertugas, sampai dengan anggota KPPS di setiap daerah.

Demi menyukseskan kelancaran pemilu 14 Februari mendatang, bukan hanya petugas yang perlu bersiap – siap melainkan seluruh warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih diharapkan menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Pastikan untuk tidak golput. Gunakan hak pilih Anda untuk memilih presiden dan wakil presiden sebagai instrumen pemerintah pusat, dpr sebagai wakil rakyat, sampai dengan dprd kabupaten dan kota yang diadakan dalam pemilu serentak 14 Februari 2024.

Di berbagai daerah, persiapan TPS sudah hampir final. Banyak TPS yang pada tanggal 13 Februari 2024 ini sudah dipersiapkan lengkap dengan tenda, meja anggota KPPS, dan bilik pemilih. Beberapa anggota KPPS yang bertugas di TPS juga mengaku bahwa mereka hanya tinggal menunggu surat suara pencoblosan tiba di TPS saja.

Setelah itu, besok, 14 Februari 2024, sejak pukul 07.00 – 13.00 WIB, masyarakat diharapkan datang ke TPS tempatnya memilih dengan membawa undangan C-Pemberitahuan dan KTP elektronik untuk melakukan pencoblosan.

Tak hanya masyarakat saja, besok, para calon presiden dan wakil presiden yang berkontestasi juga memiliki hak pilih dan dapat menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos di TPS terdaftar. Bahkan memilih dirinya sendiri dan pasangannya pun tak masalah. Demikian juga dengan calon wakil rakyat yang berkontestasi. Mereka dapat memilih dirinya sendiri di TPS terdaftar.

Masing – masing calon wakil rakyat dan tentu saja calon presiden dan wakil presiden yang berkontestasi sangat menunggu tibanya hari pemilu 14 Februari 2024 dengan hati berdebar – debar. Salah satunya Anies Baswedan yang mengaku cukup deg – degan tapi tidak melakukan persiapan khusus menjelang hari pemilu 14 Februari 2024.

Anies Baswedan menyampaikan, bahwa ia relatif rileks dengan datangnya tanggal 14 Februari dan menghabiskan waktu sampai tiba hari esok untuk berkumpul bersama keluarga. Terlebih, ini adalah masa tenang setelah beberapa bulan terakhir melakukan berbagai macam kegiatan kampanye di berbagai daerah di Indonesia.

“Tidak ada persiapan khusus. Terima kasih, kegiatan kita itu. Jadi tidak ada persiapan khusus hari ini. Kita relatif rileks kemudian sore malam nanti bersama keluarga,” kata Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2024).

Hal yang sama juga dilakukan oleh calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Sementara menteri pertahanan Prabowo Subianto yang juga merupakan calon presiden nomor urut 2, serta calon wakil presidennya yakni Mas Gibran Rakabuming mengaku menjalani aktivitas seperti biasa ketika ditanya persiapan menjelang pemilu pada kesempatan yang berbeda.

Gibran Rakabuming Raka juga ditanya pendapatnya tentang Dirty Vote, film dokumenter terkait indikasi kecurangan pemilu 2024 yang sedang viral di masa tenang. Gibran mengaku dirinya santai karena belum nonton film tersebut juga.

“Saya belum nonton, terima kasih ya masukannya.” Kata Mas Gibran dalam kunjungan di Solo, 12 Februari 2024.

“Ya, kalau ada kecurangan silahkan nanti dibuktikan, dilaporkan.” Kata Mas Gibran pada kesempatan yang sama.

Untuk kalian yang belum nonton Dirty Vote dan ingin tahu film tersebut film seperti apa, baca : Dirty Vote, Film Dokumenter Pemilu yang Jadi Trending : Begini Sinopsis & Faktanya!

Terlepas dari semua pro kontra dan issue – issue yang beredar seputar pemilu 14 Februari 2024, tentu semua pihak berharap bahwa pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan lancar, tenang, dan damai.

Semoga siapa pun yang terpilih untuk memimpin Indonesia dalam 5 tahun ke depan nanti, dapat menjadi pemimpin yang amanah, peduli dengan rakyatnya, tidak hanya memimpin berdasarkan kepentingan golongan, dan mampu menjadikan negara Indonesia menjadi sebuah negara yang maju.

Untuk seluruh masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, pastikan untuk tidak golput ya!. Ingat, masa depan Indonesia ada di tangan Anda.