Jatimhariini.com – Salah satu kelemahan motor listrik yang paling banyak orang keluhkan selain kapasitas baterai adalah daya jelajahnya. Karena itu, bagi mereka yang khawatir dengan hal tersebut tapi tetap ingin punya motor listrik akan mencari informasi merk motor listrik paling cepat melaju.

Pertanyaannya kemudian adalah, adakah merk – merk motor listrik paling cepat melaju sebagaimana yang banyak orang cari? Mengenai hal tersebut, berikut kami akan berikan beberapa daftarnya!

7 Merk Motor Listrik Paling Cepat Melaju

1. Ethec

Ethec

Ethec merupakan produsen motor listrik asal Swiss yang diproduksi dengan kemampuan jarak tempuh up to 400 km per jam.

Kemampuan motor listrik Ethec yang mampu melaju dengan jarak tempuh sangat jauh tersebut berkat penggunaan baterai 1.260 sel lithium-ion. Selain itu, motor juga memanfaatkan Battery Management System (BMS) yang mampu memaksimalkan daya baterai dengan memanipulasi variabel daya baterai serta suhunya.

Baterai tersebut diketahui memiliki daya 15 kWh dan mampu menghembuskan daya up to 50 kW dengan kekuatan sebesar 22 kW. Dalam mengoptimasi kinerja baterainya, motor listrik Ethec juga memanfaatkan pendingin oli yang dilengkapi bersama kipas serta sirip pendingin dengan dukungan pemantauan daya dan suhu sel baterai terus menerus.

2. United E-Motor TX-3000

United E-Motor TX-3000 merupakan motor listrik dengan jarak tempuh terjauh di 2023. Merk motor listrik paling cepat ini didukung dengan kapasitas baterai 60V 28Ah yang mana baterai tersebut mampu menghasilkan tenaga up to 4200 watt dan dapat melaju dengan kecepatan up to 90 km/ jam.

Dengan tenaga tersebut, motor ini mampu mencapai jarak tempuh up to 120 km. Kalau kita bandingkan dengan motor listrik yang ada di kelasnya, United E-Motor TX-3000 ini sudah memiliki kapasitas baterai dan sekaligus kemampuan tempuh yang sangat bagus.

Motor juga sangat ramah untuk mendukung perjalanan jauh. Terlebih, pengisian daya baterainya didukung fitur fast charging sehingga kita dapat mengisi daya baterai dari 0 – 80% untuk dua baterai dalam waktu 4 jam saja.

3. United E-Motor TX-1800

United Motor TX-1800 merupakan sebuah merk motor listrik paling cepat melaju dengan kapasitas baterai 60V 28Ah yang mampu menghasilkan tenaga up to 2000 watt. Body kendaraan juga tidak begitu berat karena kendaraan ini memiliki berat 98 kg dan mampu menopang beban sampai 150 kg.

Dengan bobot tersebut, United E-Motor TX-1800 menjadi sebuah motor yang dapat melaju sampai dengan kecepatan 75 km/ jam. Hanya saja, kalau dibandingkan dengan United E-Motor TX-3000, United E-Motor TX-1800 ini dibekali hanya dengan 1 baterai saja.

4. United E-Motor T-1800

United

United E-Motor T-1800 merupakan adik dari varian merk motor listrik paling cepat melaju yang kita bahas sebelumnya yaitu United E-Motor TX-1800.

Dari segi daya, motor ini memiliki baterai dengan kapasitas 60V 28Ah yang dapat menghasilkan power up to 1800 watt. Sementara kecepatan tertinggi kendaraannya, motor ini mampu melaju dan tembus dengan kecepatan sampai dengan 70 km/ jam.

Adapun terkait daya motor, ketika baterai diisi sampai hampir penuh atau 98% – 99%, motor dapat menempuh jarak up to 65 KM. Jika baterainya habis, kamu hanya perlu butuh waktu sekitar 1,5 jam saja supaya baterainya dapat terisi sampai 80%. Jadi, ketika sedang berkendara tiba – tiba baterainya habis, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama sampai baterainya penuh dan bisa melanjutkan perjalanan kembali.

Oh ya, United E-Motor T-1800 juga menjadi sebuah motor listrik yang sangat menarik karena motor ini telah dibekali teknologi baterai auto cut off sehingga jika baterainya diisi dan hampir penuh maka aliran listrik ke baterai akan secara otomatis terputus.

5. Alva One

Alva One merupakan sebuah motor listrik yang mampu mengaspal dengan maksimal kecepatan up to 90 km/ jam. Meski termasuk motor listrik, Alva One memiliki body yang besar sehingga kesannya tidak terlalu kurus dan tidak begitu ramping. Dijadikan motor harian juga sangat cocok.

6. Polytron T Rex

Memiliki kemampuan melaju up to 130 km/ jam, merk motor listrik yang satu ini termasuk motor listrik paling cepat melaju di kelas skutik maxi. Motor ini dibekali body berukuran besar dan didukung wheelbase yang cukup lebar.

Desain motor sekilas akan mengingatkanmu pada Honda Forza 250. Hal tersebut terjadi karena fasia depannya yang memang cukup agresif dan futuristik. Motor dilengkapi dengan windshield yang menjadi aksesoris bawaannya.

Kemudian pada bagian dapur pacu, Polytron T-Rex ini melaju dengan tenaga baterai berkapasitas 3,75 kilowat hour dan didukung penggerak yang memanfaatkan konfigurasi mid-drive. Jika dikonversi secara kasar, tenaga tersebut kurang lebih setara dengan motor yang menggunakan mesin 250 cc.

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang motor listrik, jangan lupa baca: Apakah Motor Listrik Cepat Rusak? Begini Jawabannya!

7. Polytron Fox R

Polytron

Terakhir, ada Polytron Fix R yang merupakan merk motor dengan kecepatan maksimal up to 95 km/ jam. Motor ini didukung dengan daya baterai 30000 W dan baterainya berkapasitas 3,74 kWh sehingga untuk perjalanan yang cukup jauh masih sangat mumpuni.

Polytron Fox R sendiri terdiri atas beberapa varian warna yang bisa dipilih yakni Crimson Red yang cocok untuk pecinta warna merah, Graphite Gray dan Midnight Black yang cocok untuk pecinta motor dengan warna netral, serta juga Bumblebee Yellow untuk pecinta motor unik dan terkesan energik.

Baca juga : Mobil Listrik BYD Dolphin Indonesia, Worth To Buy Nggak Ya?

Demikian informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait 7 merk motor listrik paling cepat melaju yang bisa jadi pilihan. Di antara ketujuh motor di atas, mana yang paling ingin kamu miliki?. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bermanfaat dan menambah informasi kamu ya khususnya untuk kamu yang kepo dengan motor listrik.**