Jatimhariini.com – Sudah dijaga sedemikian baiknya, terkadang ada saja kondisi yang membuat mobil akhirnya penyok juga. Entah karena menabrak sesuatu, ketimpahan barang berukuran besar tanpa sengaja, atau bahkan ditabrak orang tanpa disengaja entah di jalan atau di tempat parkir. Lantas, ada nggak cara mengatasi mobil penyok parah yang bisa dilakukan secara mandiri?

Karena mengatasi mobil penyok parah di showroom sudah bisa dipastikan mahal bahkan biaya reparasinya bisa sampai jutaan rupiah, maka cara mengatasi mobil penyok parah secara mandiri menjadi alternatif ‘cukup murah’ yang banyak dicari pemilik mobil.

Kalau kamu salah satunya, berikut kami ulas beberapa cara mengatasi mobil penyok parah secara mandiri yang bisa diterapkan. Yuk simak!

Cara Mengatasi Mobil Penyok Parah Secara Mandiri Ampuh

1. Memanfaatkan air mendidih

Metode ini sebenarnya merupakan cara membuat mobil penyok kembali bagus yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu atau bisa dibilang merupakan cara kuno untuk mengatasi mobil penyok.

Akan tetapi cara ini cukup work untuk dilakukan sebagai cara mengatasi mobil penyok apalagi kalau mobil penyoknya tidak terlalu parah alias ringan.

Cara mengatasi mobil penyok parah atau ringan dengan menggunakan air mendidih cukup mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Siapkan air panas dan tuangkan air panas ke dalam wadah seperti teko atau ceret.
  • Kalau sudah, segera siramkan air panas yang selesai dididihkan tadi pada bagian mobil yang penyok sedikit demi sedikit baik penyok parah atau ringan. Salah satu tanda penyok pada mobil adalah terdapatnya cekungan pada body mobil.
  • Jika sudah, kemudian segera selimuti bagian body mobil penyok tersebut dan siram dengan menggunakan air panas. Beri tekanan pada bagian body mobil yang penyok tersebut.
  • Ketika suhu sudah berubah menjadi sedikit lebih hangat, dorong bagian body mobil yang penyok dari dalam ke luar secara perlahan atau bisa menggunakan magnet untuk mobil penyok yang bisa dibeli di e-commerce juga.
  • Beri tekanan cukup besar tapi tidak terlalu besar untuk memperbaiki penyok dari dalam. Selamat mencoba!

Baca juga : 7 Penyebab Motor Listrik Cepat Panas yang Perlu Kamu Tahu!

2. Memanfaatkan cairan karbondioksida dan hair dryer

Cara mengatasi mobil penyok parah selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan dua bahan yaitu cairan karbondioksida dan juga alat pengering rambut atau hair dryer.

Cara perbaikan mobil penyok parah dengan dua bahan ini adalah dengan memanfaatkan perpindahan suhu dari panas ke dingin secara drastis. Jika bagian body mobil yang penyok mendapatkan treatment perpindahan suhu yang drastis dalam waktu singkat, maka hentakan daya dorong akan timbul secara alami.

mengatasi mobil penyok [pic by : Qoalaapp]
mengatasi mobil penyok [pic by : Qoalaapp]
Sebagai informasi, hair dryer atau alat pengering rambut yang dimanfaatkan untuk mengatasi penyok mampu memberikan suhu panas dalam waktu singkat ketika ditempelkan pada karbondioksida. Suhu bisa turun secara cepat sampai minus 109 derajad celcius menggunakan cara ini.

Perpindahan suhu tersebut yang kemudian kita manfaatkan untuk mengembalikan body mobil yang penyok menjadi seperti sedia kala. Adapun langkah – langkahnya memperbaiki mobil penyok parah dengan memanfaatkan cairan karbondioksida dan hair dryer sebagai berikut :

  • Nyalakan hair dryer setelahnya arahkan hair dryer ke body mobil yang penyok.
  • Selanjutnya tunggu sampai body mobil benar – benar mendapatkan suhu yang cukup panas. Penyok pada mobil yang parah atau cukup parah biasanya butuh waktu tunggu sekitar 5 – 6 atau 7 menit.
  • Kalau sudah suhunya panas, semprotkan cairan karbondioksida di bagian penyok yang telah dipanaskan dengan hair dryer tadi.
  • Terakhir, beri tekanan untuk bagian body mobil yang penyoknya akan diperbaiki sampai dapat kembali ke bentuk sedia kala. Selamat mencoba!

Sudah dicoba dengan cara di atas tapi penyok pada mobil tidak bisa teratasi?

Bisa jadi hal tersebut terjadi karena penyok pada mobil sudah sangat parah atau terlalu dalam penyokannya. Jika hal ini yang terjadi, maka tak ada cara lain kecuali datang ke reparasi body mobil atau ketok magic untuk mengatasi body mobil yang penyok.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait cara mengatasi mobil yang mengalami penyok parah yang bisa dicoba. Semoga informasi tentang dunia otomotif kali ini bermanfaat. Pastikan follow terus jatimhariini.com dan temukan berbagai informasi terupdate seputar dunia otomotif, teknologi, travelfood, dan lainnya.