Jatimhariini.com – Masih ingat dengan Iptu Rudiana yang merupakan seorang aparat penegak hukum polisi dengan jabatan sekarang adalah Kapolsek Kapetakan, Polres Cirebon Kota, Jawa Barat?, yaps baru – baru ini, nama beliau kembali ramai diperbincangkan setelah terangkatnya kembali kasus Vina 2016 silam.

Banyak netizen yang sangsi dengan sikap Ayah Eky yang terkesan ‘terlalu cool’ untuk seorang ayah yang kehilangan anaknya atas sebuah peristiwa naas yakni pembunuhan. Di sisi lain, banyak netizen yang juga mempertanyakan mengapa Rudiana sangat irit bicara?

Nah, terkait semua itu, baru – baru ini, pengacara kondang dan populer yakni Hotman Paris berbicara ke publik tentang Rudiana. Apa yang Hotman Paris sampaikan terkait ayah Eky, Iptu Rudiana?

Kata Hotman Paris Tentang Rudiana, Ayah Eky

Baru – baru ini, dalam konferensi pers terbarunya, Selasa, 11 Juni, 2024, Hotman Paris mengaku didatangi seorang utusan Iptu Rudiana. Menurut Hotman, ada pesan terselubung yang disampaikan oleh Iptu Rudiana lewat utusannya tersebut.

Rudiana Ayah Eky2

Utusan Iptu Rudiana tersebut lantas mengutarakan keinginannya sebagai utusan Iptu Rudiana agar pengacara kondang Hotman Paris bersedia menjadi kuasa hukum bagi ayah Eky juga. Hanya saja, ada syarat – syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh Hotman Paris sebelumnya. Apakah syarat tersebut?

Menurut Hotman Paris, syarat yang diajukan oleh utusan Iptu Rudiana sebelum sang pengacara menjadi pengacara keluarga almarhum Eky adalah bahwa Hotman Paris harus sepakat kalau Pegi Setiawan yang ditangkap tersebut adalah Pegi yang asli.

Mengenai siapa itu Pegi khususnya bagi kalian yang tidak mengikuti kasus ini dari awal, baca : Pegi Alias Perong Terduga Otak Pembunuhan Vina Ditangkap Setelah 8 Tahun Buron, Pelaku Asli?

“Jadi, sekitar 4 hari lalu, ada seorang oknum polisi mengaku utusan dari Pak Rudiana ini mau menunjuk kami sebagai kuasa hukumnya,” ungkap Hotman Paris dalam konferensi pers, selasa, 11 Juni 2024.

“Ada pesan terselubung di mana bahwa Pak Rudiana yakin pelakunya adalah Pegi. Ada apa ini? Kenapa baru sekarang bereaksi?,” tandas sang pengacara kondang.

Dengan kesaksian terbaru Hotman Paris tersebut, tentu publik semakin ramai dan semakin terbelah. Sebagian masih bersimpati dengan ayah Eky yakni Iptu Rudiana yang merupakan ayah korban. Namun di sisi lain, ada pihak yang semakin meragukan dengan gelagat dan sikap Iptu Rudiana selaku ayah korban yang dinilai seperti ‘orang yang ketakutan’ bukan orang yang kehilangan.

Mengapa spekulasi terkait Iptu Rudiana yang dinilai ketakutan bukan kehilangan bisa muncul?

Munculnya Spekulasi Tentang Iptu Rudiana Terkait Hal Ini!

Munculnya spekulasi liar tentang Iptu Rudiana yang berkemungkinan terlibat dalam kasus pembunuhan Vina – Eky, bukan tanpa sebab.

Semua itu bermula dari keterangan banyak pihak terkait kapasitas Iptu Rudiana yang pada saat kejadian merupakan kanit narkoba namun malah memulai penyelidikan tersebut, ditambah penyelidikan ‘dinilai’ bukan didasarkan atas barang bukti melainkan hanya didasarkan pada keterangan Aep yang saat ini sangat diragukan kebenarannya.

Bahkan, pengacara mantan narapidana kasus Vina, Saka Tatal yakni Ibu Titin juga mengakuinya dalam perbincangan di salah satu channel YouTube DiskursusNet. Menurut Ibu Titin, itulah yang terjadi sebenarnya. Hanya saja di 2016 lalu, masyarakat dan bahkan aparat penegak hukum di ruang lingkup pengadilan tidak mempercayai pembelaannya. Barulah di 2024 sekarang, Bu Titin, baru dapat mengungkapkan kebenaran yang ada.

Bu Titin pengacara Saka Tatal

Kasus yang ditangani oleh Polda Jabar tersebut, awalnya ditangani oleh Polsek Talun, kabupaten Cirebon dan dinilai kasus tersebut bukan kasus pembunuhan melainkan merupakan kasus kecelakaan tunggal. Hanya saja, tak berapa lama kemudian, ayah Eky, yang pada saat itu menjabat sebagai kanit narkoba di Satuan Narkoba Polres Cirebon Kota, membawa tim sendiri untuk kemudian melakukan penyergapan dan penangkapan kepada para pemuda yang nongkrong di sekitar lokasi kejadian.

Mengapa penyergapan dan penangkapan tersebut dilakukan?

Penyergapan dan penangkapan tersebut dilakukan karena ayah Eky, Rudiana, yang pada saat itu merupakan kanit narkoba Satuan Narkoba Polres Cirebon Kota merasa janggal dengan kasus tabrakan puteranya.

Beliau kemudian ingin tahu tentang apa yang sebenarnya terjadi dan melakukan penyelidikan mandiri. Sekira dua hari setelah kejadian, beliau berusaha mencari tahu di sekitar wilayah kejadian dan bertemu dengan Aep yang pada akhirnya menjadi saksi kunci kasus Vina Eky ini.

Menurut Aep, ia melihat ada segerombolan pemuda yang suka nongkrong di sekitar lokasi kejadian dan di malam kejadian tersebut, ia melihat sekelompok pemuda tersebut melempar batu kepada Eky yang melintas bersama sang kekasih.

Dari kesaksian Aep tersebut, pak Rudiana percaya dan akhirnya melakukan penyergapan dan penangkapan bersama tim dari Polres Cirebon Kota. Sementara menurut Ibu Titin yang merupakan pengacara Saka Tatal dan Sudirman, penangkapan tersebut dinilai janggal karena tidak dilakukan dengan Surat Penangkapan.

Kejanggalan lain diungkap oleh Feri, warga setempat yang mengaku sangat ragu dengan kesaksian Aep. Menurut Feri, jarak antara warung yang disebutkan oleh Aep tersebut sekitar 100 meter lebih ke lokasi kejadian. Jika Aep melihat kejadian tersebut di malam hari, bagaimana ia bisa tahu dan bahkan mengenali satu persatu wajah pelaku sementara kondisi di sekitar tempat Aep berada dan di sekitar lokasi kejadian sudah bisa dipastikan Sangat Gelap.

Dari kilas balik penangkapan dan pengakuan saksi kunci Aep tersebut, pada akhirnya banyak orang yang mulai gamang dengan penetapan tersangka terhadap Pegi Setiawan dan terpidana lain yang sudah bebas atau bahkan yang masih mendekam di penjara.

Pertanyaan yang kemudian banyak dipertanyakan warganet adalah, benarkah ada pembunuhan ataukah kasus ini hanya rekayasa belaka karena bersumber dari kesaksian palsu Aep dan conflict of interest ayah korban yang notabennya merupakan anggota polisi?

Untuk menemukan jawaban tersebut, tunggu kelanjutan dan perkembangan kasusnya. Oh ya, mengenai informasi yang kami bagikan di atas, bisa kamu akses juga versi videonya di channel DiskursusNet dalam episode :

1. Kejanggalan Persidangan Kasus Vina Cirebon Diungkap Pengacara Terpidana
2. Pengacara Vina Sebut Rekayasa Berkas Kasus Vina Cirebon Terstruktur
3. Reza Indragiri : Skeptis Keterangan Saksi Kunci Kenali Wajah Pegi Setiawan dalam Kasus Vina Cirebon

Itulah sedikit update informasi yang kali ini dapat kami sampaikan terkait kasus Vina dan Eky yang menyita perhatian publik kurang lebih 1 bulan terakhir di tahun 2024 ini. Semoga ulasan berita yang kami sampaikan kali ini cukup membantu khususnya untuk kalian yang ingin tahu update perkembangan kasus Vina dan Eky.**